Tak ada yang menarik, jika Anda tidak merasa tertarik

Jumat, 27 Mei 2011

Bagaimana Mencari "Tunggangan" Handal?


MEMILIH sepeda motor seperti mencari istri. Dikalangan pria, motor yang tangguh dan dapat diandalkan menjadi sebuah pilihan utama dalam memilih produk motor. Sementara dikalangan wanita, motor yang mengerti akan keinginan dan kebutuhan wanita menjadi sebuah nilai tambah.

Banyaknya pilihan motor di pasaran saat ini terkadang membuat kita bingung untuk memilih produk yang tepat dan baik untuk kita. Tidak diragukan lagi, bagi sebagian orang, motor menjadi tunggangan yang lebih dapat dihandalkan dari pada kendaraan lainnya, yaitu mobil. Tubuh motor yang kecil, mungil namun bertenaga, seolah tak pernah mempermasalahkan segala halangan berlalulintas yang ada. Berjalan di tengah keramaian lalulintas atau macet pun motor dengan gesitnya akan melibas rapat dan sempitnya hadangan yang ada didepannya. Perawatannya pun lebih mudah dan tentu saja lebih ekonomis.

Berdasarkan segala nilai positif yang diusungnya itu dan minat beli masyarakat yang semakin tinggi membuat industri motor di tanah air semakin tinggi. Produk yang semakin beragam, menyajikan berbagai macam teknologi yang semakin komplit, membuat banyaknya calon pembeli motor terkadang bingung untuk memilih motor yang akan dibeli.

Mari kita bahas, hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum membeli 'roda dua' Anda yang tangguh, dapat diandalkan dan mengerti Anda.

1. Terlebih dahulu tanyakan kepada diri Anda sendiri. Anda butuh motor untuk apa? Pikirkan kegiatan keseharian Anda, hal-hal yang selalu menyita waktu Anda selama ini. Lalu tanyakan lagi pada diri Anda, motor yang Anda pilih harus mampu menemani Anda dan meringankan beban Anda dalam beraktivitas. JAdi, pastikan dulu maksud dan tujuan Anda membeli motor.

Anda yang berprofesi sebagai tukang ojek atau tukang antar-antar barang tentu saja lebih memilih motor yang mudah dalam perawatannya dan hanya membutuhkan bahan bakar yang sedikit (irit). Anda yang seorang ibu rumah tangga misalnya, mungkin akan lebih cocok menggunakan motor yang ringan, nyaman, sederhana dan tidak rumit untuk digunakan. Atau anda yang bekerja di tempat yang jauh setiap harinya, tentu membutuhkan motor yang tangguh menerjang medan terjal dan memiliki mesin yang stabil.

2. Cari keterangan tentang motor yang Anda butuhkan. Banyak media yang bisa mengakomodir hal ini. Majalah otomotif, tabloid otomotif, media internet misalnya. Paling banyak dan yang terlengkap adalah internet. Di internet terdapat jaringan social networking yang dapat Anda manfaatkan untuk bertanya tentang motor kepada orang lain yang lebih tahu.

Forum-forum diskusi di internet seperti kaskus atau blog terkadang membahas motor dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti dan sifatnya subjektif, berisi komentar tentang pengalaman si penulis menggunakan motor tersebut. Bila merasa kurang banyak data yang anda dapatkan, anda dapat datang langsung ketempat showroom motor untuk melihat spesifikasi motor yang anda incar.

Bertanyalah pada orang yang 'paham' tentang motor seperti montir, juga penjual motor, ini merupakan cara bijak untuk dilakukan. Tanyakan dan carilah data mengenai, karakteristik motor tersebut, kemampuan mesinnya (besarnya cc, kemampuan riding, spesifikasi mesin, bahan bakar yang dibutuhkan, dll), apakah karakteristik perawatannya mudah atau tidak?, banyakkah dealer resminya, dll, after salesnya (purna jual), feature tambahan yang terdapat pada motor (feature keamanan dan kenyamanan motor), dll.

3. Datanglah ke showroom motor dan lihat serta rasakan sendiri motor yang Anda inginkan. Bertanya dan dengarkan paparan dari sales tentang motor, tapi hati-hati, jangan mudah dirayu. Coba naikilah motor yang Anda pilih. Rasakan beratnya, ketinggian motor, kenyamanan pegangan stang dan keempukan jok motor. Benarkah sesuai dengan yang Anda inginkan?

4. Bila masih bingung menentukan pilihan Anda, jangan buru-buru memutuskan menurut emosi dan "ahh apa aja bagus kok". Lebih baik Anda coba bicara dan minta pendapat dulu pada keluarga dan teman dekat. Ceritakan secara gamblang tentang poin 1 sampai 3 yang telah Anda pikirkan dan lakukan sebelumnya. Dengarkan pendapat mereka yang mengerti betul tentang Anda.

5. Terakhir yang terpenting adalah, hitung budget Anda. Sesuaikan kebutuhan motor yang Anda inginkan dengan isi kantong Anda. Ingat, bukan hanya harga belinya saja tapi renungkan juga nanti biaya perawatannya, Pajak, dan harga serta ketersediaan spare partsnya.

Katakanlah Anda memiliki dana yang mumpuni untuk membeli produk yang berkualitas tinggi. Tetapi semakin tinggi harga sebuah sepeda motor, maka biaya servis dan perawatannya pun akan semakin tinggi pula. Anda memang mampu membeli motor yang berkualitas, namun, keadaan keuangan Anda tidak memungkinkan dan ada kekhawatiran biaya servis dan perawatannya akan membebani Anda dan keluarga, maka pilihlah sepeda motor dengan harga yang terjangkau dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda serta keluarga saja.

Disadari atau tidak, mengendarai kendaraan yang tepat dan nyaman dirasa akan menghadirkan suasana bahagia dalam kehidupan Anda. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda mencari tunggangan yang handal. Selamat Berburu!!
(tiko septianto/CN19)





sumber.suaramerdeka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOTAK ADUAN KOMENTAR